Sekarang aku berada di semester
yang kebanyakan mahasiswa menjadi stres. Dan kini aku pun stress. Jerawat mulai
muncul dan ditambah lagi kena iritasi wajah. Sedang mengejar skripsi karena
ingin cepat-cepat resepsi. Hahahaa.
Kadang aku berfikir, skripsi
itu buat apa?. Apa untungnya buat mahasiswa toh kalau pada akhirnya teronggok
di ujung perpustakaan. Iya sih, bakalan dijadiin referensi untuk
penelitia-penelitian selanjutnya. Namun, apa setelah lulus temuan-temuan
tersebut akan dan dapat diaplikasikan oleh mahasiswa yang bersangkutan?.
Bermula dari pemikiran
tersebut, entah apa dan jreeng-jreeng aku nekat mengambil tema skripsi yang sama sekali
jauh dari kebanyakan yang diambil dalam program studiku. Dasarnya aku berada di lingkup Pendidikan
Sekolah Dasar. Tetapi, untuk skripsiku kali ini lebih merujuk ke arah program
studi Psikologi. Nah, mumet-mumet deh aku. Aku tertarik dengan grafologi.
Aku berfikir jika grafologi sangat bermanfaat untuk kini, esok dan entah
nantinya. Sebagai guru jelas bermanfaat untuk diaplikasikan di sekolah. Tidak
hanya berpatok pada pembelajaran namun lebih pada subjek personalitinya.
Dan yang membuatku bingung
adalah bagaimana menyelesaikannya. Sedangkan dalam mata kuliah Metodologi aku
hanya sebagai mahasiswa datang-kerjakan-lalu lupakan. Ujungnya aku yang
rugi sendiri. Namun, tetap ikhtiar bagaimanapun ilmu itu dapat dipelajari asal
kita niat untuk menjadi bisa. Sedikit demi sedikit akhirnya aku bisa walapupun
belum sampai bab akhir. Aku mengambil penelitian kualitatif.
Untuk Bab I Pendahuluan,
terdiri dari konteks penelitian, fokus penelitian, tujuan penelitian, manfaat
penelitian, dan penegasan istilah. Konteks penelitian berhubungan dengan alasan
mengapa ingin melakukan penelitian tersebut yang didukung dengan landasan
teoritis, landasan yuridis dan landasan empiris. Landasan teoritis sendiri
harus memuat teori dari para ahli yang mendukung penelitian yang akan
dilakukan. Sedangkan landasan yuridis memuat peraturan pemerintah dan
Undang-undang yang berlaku. Dan landasan empiris merupakan data yang didapat
dari hasil pengamatan dalam observasi dan wawancara.
Fokus penelitian menekankan
pada hal apa yang akan diteliti. Tujuan penelitian sendiri memuat tujuan yang
akan dicapai dalam penelitian yang akan dilakukan. Demikian dengan manfaat
penelitian tentang apa yang akan diperoleh dari penelitian tersebut. Nah, kalau
penegasan istilah untuk mempersempit istilah yang digunakan agar tidak terjadi
kesalahan.
Lalu pada Bab II Kajian Teori,
terdiri dari acuan teori fokus penelitian, kajian hasil-hasil yang relevan
serta kerangka berpikir. Acuan teori fokus penelitian memuat materi yang
mencakup penelitian yang akan dilakukan. Kajian hasil-hasil yang relevan
diperoleh dari referensi jurnal maupun skripsi yang sama berhubungan dengan
penelitian yang akan dilakukan. Untuk kerangka berpikirnya hanya pemetaan
penelitian yang akan dilakukan. Kalau aku patokannya realita, masalah dan
solusi.
Untuk Bab III Metodologi
Penelitian, terdiri dari pendekatan penelitian, setting penelitian, data dan
sumber data, prosedur pengumpulan data, keabsahan data, metode analisis data
dan tahapan penelitian. Pada bab ini diperlukan referensi dari buku.
Rekomendasi bukunya Sugiyono. Untuk bab III ini, aku masih bingung. Sedang
dalam perjalanan dalam memasuki bab III ini. Untuk bab III akan ku lanjutkan di
postingan berikutnya.
Sementara mencari wangsit dulu
biar siap tempur untuk bab III.
Semarang, 27 November 2018
No comments:
Post a Comment